Arizona Menjadi yang Pertama Menerima SIM Digital di Apple Wallet

March 27, 2022

Apple Wallet

Pengguna iPhone yang juga menggunakan SIM Arizona dapat mengunggah data diri di Apple Wallet. Langkah ini merupakan yang pertama di Amerika yang mendukung versi digital dari identifikasi seperti ini di dalam aplikasi. Tetapi, penggunaannya masih cukup terbatas untuk waktu sekarang.

Di mulai hari rabu, penduduk Arizona dengan TSA PreCheck dapat memperlihatkan SIM mereka dengan cara tapping iPhone mereka atau Apple Watch pada pengecekan polisi lalu lintas di Phoenix Sky Harbor International Airport. Namun, mereka akan masih membutuhkan SIM fisik jika mereka bepergian ke luar wilayah negara bagian.

Pengguna iPhone juga akan masih membutuhkan SIM fisik seperti saat berada di lalu lintas lampu merah. Apple menyebutkan bahwa pemanfaatan verifikasi digital ini akan terus di eksplorasi di masa depan.

Tahun lalu, Apple sempat bergurau bahwa itu akan bekerja di beberapa negara bagian inisiatif, seperti Georgia, Connecticut, Iowa, Kentucky, Maryland, Oklahoma dan Utah. Apple sejatinya telah memuat di website-nya bahwa fitur ini telah diluncurkan pada tahun lalu, tetapi perusahaan memberitahukan ke CNN Business bahwa itu proses yang rumit untuk mengimplimentasikannya dan mulai mengadakan rapat dengan Pemerintah untuk mewujudkan ini secepat mungkin.

Pada hari rabu, Apple mengumumkan rencana untuk memperkenalkannya juga ke Colorado, Hawaii, Mississippi, Ohio dan Puerto Rico.

Peluncuran ini merupakan bagian upaya Apple mendorong dukungan untuk digital wallet mereka. Apple sudah menawarkan fitur-fitur seperti kartu kredit digital, tiket film, kunci mobil, boarding pass dan gift card. Fitur-fitur ini dijanjikan tambahan kenyamanan, mendorong pengguna IOS lebih dalam masuk ke layanan ekosistem mereka.

Untuk memastikan SIM itu sudah resmi, pengguna harus selfie setelah scanning dan mengunggahnya ke Apple Wallet. Pengguna juga harus melengkapi pergerakan wajah dan kepala, mirip ketika mengaktifkan Face ID. Pengunggahan akan "securely provided" ke Pemerintah untuk verifikasi, menurut Apple.