Cara Kerja dan Tipe-Tipe Server Proxy

April 22, 2022

Alih pilihan secure proxy atau VPN

Server proxy (proxy server) adalah sebuah sistem atau perute yang melayani gerbang masuk antara pengguna dan internet. Manfaatnya dapat membantu mencegah penyerang siber masuk ke dalam jaringan privat server. Bisa dibilang, server proxy bertindak sebagai jembatan antara pengguna dan server yang dituju oleh pengguna.

Pengguna menghubungkan komputernya ke internet menggunakan alamat IP. Alamat IP ini berisi informasi dari mana dan ke mana koneksi terhubung. Pada dasarnya, server proxy merupakan sebuah komputer server yang terhubung dengan internet yang memiliki alamat IP sendiri.

Proxy (proksi) memberikan level keamanan yang tinggi untuk komputer pengguna, karena dapat menyiapkan web filter atau firewall sehingga dapat melindungi komputer pengguna dari ancaman internet seperti malware.

Keamanan lainnya ialah seperti dapat membatasi berapa banyak trafik per pengguna yang ditangani oleh server yang dituju.

Sebagian orang menggunakan proxy untuk tujuan pribadi, seperti menyembunyikan lokasi akses internet. Sebagian lainnya terutama di kalangan korporasi memiliki tujuan seperti meningkatkan level keamanan, mengamankan aktifitas karyawan dalam mengakses jaringan perusahaan, membatasi trafik yang masuk dan menyelamatkan bandwidth dengan men-cache data di server proxy.

Cara kerja server proxy ialah menempatkan dirinya sebagai jembatan antara komputer client dan jaringan internet. Komputer yang sudah memasang proxy akan menuju ke server proxy setiap kali mengakses internet. Setiap mengakses internet, server proxy akan menangkap beberapa informasi seperti alamat IP/domain yang dituju, alamat IP komputer client dan kemudian membuat request ke alamat yang dituju yang responnya diteruskan lagi ke alamat IP komputer.

Server proxy terdiri dari hardware dan software. Hardware server harus terkoneksi dengan jaringan client dan jaringan internet. Tugasnya mengambil dan mengirim data dari web ke komputer client. Sedangkan software proxy tersedia dalam beberapa versi mulai dari yang berbayar sampai dengan gratis. Software versi gratis terbatas layanannya hanya untuk beberapa alamat IP dan mungkin juga hanya mencakup beberapa perangkat. Sementara versi berbayarnya dapat mencakup lebih banyak perangkat.

Untuk men-set up sebuah server proxy, harus membuat konfigurasi server dan jaringan. Setiap sistem operasi (OS) memiliki prosedurnya masing-masing dalam konfigurasi proxy. Pelajari di masing-masing OS bagaimana konfigurasinya untuk membuat sebuah koneksi proxy.

Dalam banyak kasus, konfigurasi server proxy dilakukan secara otomatis. Namun, bisa juga dikonfigurasi secara manual. Langkahnya mulai dari memasukkan alamat IP sampai menentukan port berapa yang akan digunakan.

Firewall dan filterisasi digunakan dalam server proxy. Ini berguna untuk melindungi data dan privasi dari pengguna komputer, lebih tepatnya pengguna internet. Cara server proxy melindungi data yang masuk dan keluar dari komputer pengguna dengan menerapkan aturan-aturan untuk mencegah terekspos alamat jaringan pengguna di lalu lintas internet. Sebagai gantinya, hanya terlihat alamat IP dari server proxy tersebut. Pada akhirnya, data personal dan segala aktifitas pengguna tidak akan terekspos ke mana-mana.

Perlindungan server proxy dapat ditingkatkan lagi dengan membuat enkripsi data pengguna terlebih dahulu sebelum mengirimkannya ke internet. Hal ini dapat menyembunyikan data seperti username dan password, serta berbagai data privasi lainnya.

Alamat IP alternatif dari server proxy memiliki tipe-tipe yang berbeda, diantaranya:

Forward Proxy
Forward proxy berada berhadapan langsung dengan pengguna dan digunakan untuk mengambil data dalam jaringan grup internal pengguna.
Transparent Proxy
Transparent proxy dapat memberikan pengalaman yang sama kepada pengguna sehingga pengguna sendiri tidak menyadari bila dia dalam jaringan proxy.
Anonymous Proxy
Anonymous proxy berfokus pada aktifitas internet yang tidak dapat dilacak.
High Anonymity Proxy
High anonymity proxy merupakan anonymous proxy yang level ketidaklacakannya lebih tinggi lagi.
Distorting Proxy
Distorting proxy mengidentifikasi dirinya sendiri sebagai sebuah proxy untuk web, tetapi menyembunyikan identitasnya sendiri.
Data Center Proxy
Data center proxy tidak terafliasi dengan internet service provider (ISP), tetapi disiapkan oleh data center secara langsung.
Residential Proxy
Residential proxy menyajikan alamat IP yang lebih spesifik dari perangkat fisik.
Public Proxy
Public proxy merupakan proxy yang dapat di akses oleh siapapun dengan gratis.
Shared Proxy
Shared proxy digunakan oleh banyak pengguna dalam satu waktu.
SSL Proxy
Secure sockets layer (SSL) proxy menyediakan decrypt data antara client dan server.
Rotating Proxy
Rotating proxy menempatkan alamat IP yang berbeda ke setiap pengguna yang tehubung dengannya.
Reverse Proxy
Reverse proxy merupakan kebalikan dari forward proxy, dimana dia berhadapan langsung dengan web server.