Surga Dunia di Seychelles yang Banyak Pohon Kelapa Sawit

March 26, 2022

Bird Island, Seychelles

Di Seychelles terdapat sebuah pulau bernama pulau burung (bird) yang dari dulu dipenuhi banyak pohon kelapa sawit. Seseorang warga lokal disana membeli pulau itu dan menjadikannya rumah bagi 500 ribu burung.

Pulau itu terletak di tengah-tengah hamparan laut yang luas. Jadi bisa dengan bebas snorkeling sejauh manapun sambil menikmati pandangan seluas-luasnya lautan sekelilingnya. Rasanya sangat jauh berbeda dengan kesibukan daerah perkotaan.

Pulau burung ini terletak di bagian utara Seychelles, negara kepulauan yang memiliki sebanyak 115 pulau. Dimana luas lautannya melebihi dari luasnya daratan negara Portugal. Arah selatannya terdapat negara Madagascar yang dikenal juga sebagai negara favorit bagi para pelancong.

Dari luasnya Samudera Hindia di sepanjang sisi negara ini yang dapat dipandang dengan jelas, pulau ini sangat jauh berbatasan dengan negara lain di arah utaranya sampai ke Arabian Peninsula.

Kesendirian pulau ini ditengah lautan yang luas dapat dijadikan sebagai story telling bagi para traveler yang menjadikan pulau ini sebagai destinasinya. Akan tetapi, dalam setengah abad terakhir dikabarkan bahwa populasi burung sudah menurun yang cukup kontradiksi dengan nama pulau ini sendiri.

Secara historis, Bird Island pertama diinjak kaki oleh seorang kapten kapal dagang yang lewat ke pulau itu, The Eagle pada tahun 1771. Lalu dia menamakan pulau itu dengan nama Bird Island. Tiga puluh tujuh tahun kemudian, di tahun 1808, kapal privat dari perancis, Hirondelle tenggelam di terumbu lepas pantai timur laut pulau itu. Separuh dari sebanyak 180 penumpang kapal itu meninggal dan separuh lainnya berhasil tiba di pulau burung ini.